Browse By

5 Angkringan di Jogja yang Populer Dikalangan Wisatawan & Warga Lokal

Angkringan dan Yogyakarta sudah menjadi satu kesatuan layaknya dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Jika liburan ke Yogyakarta belum menyambangi angkringan dan mencicipi kuliner khas angkringan yang enak – eank maka kamu wajib datang kembali ke sana. Bahkan menikmati makan angkringan di Jogja menjadi itinerary yang harus ada saat liburan ke sana.

Bisa dibilang angkringan menjadi daya tarik wisata Yogyakarta, sehingga tidak heran jika kamu bisa menemukan dengan mudah angkringan di Jogja. Hampir semua angkringan di Jogja memiliki ciri khas masing – masing dan semuanya terkenal enak – enak. Tapi jika kamu ingin mencoba makan di angkringan saat berada di Jogja, kamu wajib datang ke salah satu angkringan di Jogja yang berikut ini.

1. Angkringan Lek Man

angkringan di Jogja, Angkringan Lek Man, seputarkota.com

Angkringan Lek Man, Seputar Kota (Instagram: @rohmat89)

Tempat angkringan di Jogja yang pertama adalah yang terkenal dengan sajian kopi arangnya atau dikenal dengan kopi joss. Tidak dipungkiri orang yang datang ke Angkringan Lek Man memang ingin mencicipi langsung kopinya yang unik.

Bagi yang belum tahu kopi jos adalah kopi hitam yang diberi tambahan arang panas. Meskipun bukan penyuka kopi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sekali kopi jos Lek Man yang terkenal banget di Jogja. Karena kopi joss Lek Man merupakan pelopor kopi arang di angkringan lainnya.

Menu andalan yang jadi ciri khas angkringan adalah nas kucing dengan anek lauk sate – satean yang beragam. Mulai dari sate usus, sate telur puyuh, sate kulit, gorengan dan banyak lainnya. Harganya juga sangat murah meriah mulai dari Rp3.000 untuk nasi kucing dan mulai dari Rp1.000 untuk sate – satean.

Lokasi: Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari (14.00 – 03.00 WIB), khusus pada Hari Minggu buka hanya sampai pukul 00.00 WIB

2. Angkringan Klebengan

Angkringan Klebengan, Seputar Kota (Sumber: traveling.maslatip.com)

Setiap malamnya, angkringan di Jogja ini selalu ramai dan jadi tempat nongkrong mahasiswa Jogja. Lokasinya yang memang berada diantara UNY dan UGM membuat mahasiswa sering menghabiskan waktu di sini. Kuliner angkringan yang dikenal murah juga sangat ramah terhadap kantong mahasiswa.

Meskipun tempatnya berupa alas tikar dan gerobak sebagai tempat lauk – pauknya, tidak menyurutkan niat para pengunjungnya untuk mencicipi nasi kucing dengan berbagai lauk pauknya yang beragam. Uniknya angkringan ini menambahkan kecap manis pada lauk pauk atau gorengan yang dipilih pembeli setelah dihangatkan. Minumnya bisa pesan susu jahe hangat. Harga nasi kucing dan lauk – pauknya sangat terjangkau, cukup dengan Rp15.000 saja sudah cukup membuat perut kenyang.

Lokasi: Klebengan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
Jam Buka: Sore hingga tengah malam

3. Angkringan Wijilan

angkringan di Jogja, Angkringan Wijilan, seputarkota.com

Angkringan Wijilan, Seputar Kota (Instagram: @aninditawinda)

Tempat angkringan di Jogja selanjutnya yang terkenal selalu ramai dipenuhi oleh pembeli adalah Angkringan Wijilan. Tidak seperti angkringan yang biasanya berupa tenda – tenda, Angkringan Wijilan merupakan memiliki tempat yang cukup nyaman untuk makan di kursi – kursi yang tersedia.

Jika Angkringan Lek Man terkenal dengan kopi jos nya, di angkringan ini punya minuman khas teh manis yang menggunakan gula batu. Berbagai lauk – pauknya pun sangat beragam yang disajikan secara prasmanan seperti aneka tumisan, daging, aneka ayam dan banyak lainnya. Nasinya tetap khas angkringan yaitu nasi kucing. Bagi kamu yang tidak suka duduk lesehan, Angkringan Wijilan adalah pilihan yang tepat. Tempatnya pun luas. Harganya juga bervariasi tergantung jenis lauk yang dipilih. Tapi Rp15.000 saja sudah membuat perut kenyang.

Lokasi: Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton, Yogyakarta
Jam Buka: Setiap Hari (17.00 – 02.00 WIB)

Baca Juga:
>> 5 Cafe Unik di Jogja Yang Asik & Buat Kamu Ingin Selalu Kembali
>> 7 Wahana Seru Saloka Theme Park Semarang, Terbesar di Jawa Tengah!

4. Angkringan Pak Jabrik

angkringan di Jogja, Angkringan Pak Jabrik, seputarkota.com

Angkringan Pak Jabrik, Seputar Kota (Instagram: @indonesiafoodtraveller)

Lokasinya  tidak terlalu jauh dari Angkringan Pak Man. Ramainya juga tidak kalah dengan angkringan tersebut. Spesial dari Angkringan Pak Jabrik adalah menu nasi kucingnya yang tidak hanya satu, ada nasi kucing oseng ati, sambal teri, mercon jamur, oseng jamur dan banyak lainnya.

Pilihan lauk – pauknya pun bervariasi mulai aneka sate – satean seperti sate puyuh, sate keong, sate kulit dan banyak lainnya. Tempat angkringan ini lokasinya persis di depan Kantor Kedaulatan Rakyat sehingga angkringan ini sering disebut juga Angkringan KR. Biasa para pembelinya juga sering menikmati menu nasi kucing dan lauk pauknya dengan lesehan di kantor Kedaulatan Rakyat. Harga nasi kucing dan lauk pauknya pun bervariasi mulai dari Rp3.000 saja.

Lokasi: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Yogyakarta
Jam Buka: Setiap Hari ( 16.45 – 01.00 WIB)

5. Angkringan Pak Jack

angkringan di Jogja, Angkringan Pak Jack, seputarkota.com

Angkringan Pak Jack, Seputar Kota (Sumber: traveling.maslatip.com)

Rekomendasi angkringan di Jogja yang terakhir adalah Angkringan Pak Jack. Tempat angkringan ini jadi favorit mulai dari anak muda hingga kalangan orang tua. Menu yang ditawarkan pun banyak seperti nasi kuning, sate – satean, gorengan dan lainnya sebagainya. Di tempat ini juga punya kopi jos yang tidak kalah populer dengan kopi jos Lek Man.

Sebaiknya jika ingin menikmati makanan angkringan di Pak Jack ini jangan datang saat akhir pekan, karena akan sangat ramai oleh anak muda Jogja yang tidak hanya makan saja namun juga sekaligus nongkrong.

Lokasi: Jalan Jend. Sudirman No. 44, Gowongan, Jetis, Yogyakarta.
Jam Buka: Setiap Hari (17.00 – 02.00 WIB)

Temukan berbagai tempat menarik seperti angkringan di Jogja dan masih banyak lainnya menggunakan aplikasi Cari Aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *