Browse By

5 Museum Unik di Bali Ini Berikan Pengetahuan Menarik dan Spesial

Jalan – jalan atau liburan ke Bali tak melulu hanya wisata pantai dan lautnya saja yang harus dikunjungi. Tapi museum unik di Bali dapat dimasukan ke daftar itinerary liburanmu ke Bali. Jangan menilai jika liburan ke museum akan membosankan, karena museum unik di Bali ini memberikan pengalaman dan pengetahuan menarik selama menjelajah museum.  Kamu pun tidak hanya mengenal Bali dari pantainya saja tapi banyak tempat wisata baru seperti museum ini.

1. Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

museum unik di Bali, Rumah Topeng & Wayang Setia Darma, seputarkota.com

Rumah Topeng Bali, Seputar Kota (Sumber: Left: akar-media.com, Right: kintamani.id)

Museum unik di Bali ini menyimpan koleksi yang menarik dan unik. Kurang lebih museum ini memiliki koleksi 5700 wayang dan 1300 topeng yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Awal mula didirikannya Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma ini karena Bapak Prayitno yang merupakan pimpinan museum ini prihatin karena topeng di Indonesia semakin tidak diperhatikan. Hingga akhirnya terbangunlah museum yang sangat menarik ini pada tahun 2006.

Bangunan museum yang khas seperti rumah Joglo lengkap dengan berbagai ornamen khas Bali tak hanya berisi bergabai koleksi wayang dan topeng. Ada fasilitas seni seperti panggung terbuka yang digunakan untuk pagelaran seni dan budaya. Uniknya lokasi panggung yang dapat menampung penonton sekitar 500 orang ini punya pemandangan persawahan. Ada juga ruang kosong untuk pagelaran musik dan drama. Akan banyak pengetahuan seni dan budaya menarik yang didapatkan bila berkunjung ke museum ini.

Lokasi: Jalan Tegal Bingin, Mas, Ubud, Kemenuh, Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap Hari (08.00 – 16.00 WITA)

2. Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan, Seputar Kota (Left: @traveller_ttu_i, Right: traverse.id)

Salah satu museum bersejarah di Bali, Museum Puri Lukisan menampilkan berbagai koleksi lukisan yang terbagi di 3 bangunan museum. Pertama, gedung bernama Pitamaha Galery yang berisi berbagai koleksi lukisan tradisional modern Bali. Lukisan – lukisan ini didapat sejak zaman sebelum Indonesia merdeka (tahun 1930 – 1945) dan juga koleksi lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad (tahun 1862 – 1978).

Dua bangunan lainnya bernama Ida Bagus Made Gallery yang menampilkan berbagai lukisan karya Ida Bagus Made. Satunya lagi adalah Wayang Galery yang berisi berbagai koleksi lukisan wayang dan biasanya sering digunakan sebagai tempat pameran temporer. Bangunan museum unik di Bali ini bergaya arsitektur khas Bali lengkap dengan ornamen – ornamen khasnya.

Lokasi: Jalan Raya Ubud, Ubud, Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap Hari (09.00 – 18.00 WITA)

3. Museum Subak

museum unik di Bali, Museum Subak, seputarkota.com

Museum Subak, Seputar Kota (Sumber: Right: bali – indonesia.com, Left: balidirections.com)

Subak merupakan sistem irigasi (pengairan) trasidional untuk membagi jatah air pada para petani di Bali dengan adil. Pada tahun 2012, tepatnya pada bulan Mei, Subak termasuk salah satu Warusan Budaya Dunia oleh UNESCO. Untuk mengenal lebih lengkap mengenai Subak, museum unik di Bali ini adalah tempatnya.

Museum Subak dibagi menjad dua bangunan, yaitu Museum Induk yang terdapat gedung sebagai pusat informasi dan gedung pameran. Di Museum Induk inilah kamu bisa melihat berbagai alat pertanian tradisional seperti alat pembajak sawah, alat pemotong, dan alat penumbuk padi. sampai Satunya lagi, Museum Terbuka yang merupakan persawahan yang menggunakan sistem Subak. Ada juga miniature Subak yang dilengkapi dengan proses pembuatannya.

Lokasi: Jalan Gatot Subroto No. 5b, Banjar Anyar, Kediri, Tabanan, Bali
Jam Buka: Setiap Hari (08.00 – 16.30 WITA, Jumat 08.00 – 12.30 WITA)

Baca Juga:
>> Rasanya Maknyuss! Restoran Seafood di Bali yang Terkenal Enak
>> Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Prancis di Bali yang Rasanya Otentik

4. Museum Bali Denpasar

museum unik di Bali, Museum Bali Denpasar, seputarkota.com

Museum Bali Denpasar, Seputar Kota (Sumber: Left: kintamani.id, Right: balitripholiday.com)

Ingin mengenal kebudayaan Bali dengan lebih dekat dan lengkap, kamu bisa mendatangi Museum Bali Denpasar. Museum yang dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Bali ini memiliki beragam koleksi seperti benda – benda keagamaan dan kesenian, peralatan kehidupan sehari – hari sampai barang – barang lain yang mewakilkan perkembangan budaya masyarakat Bali.

Museum unik di Bali ini terbagi menjadi empat paviliun yang mewakili beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Bali. Salah satunya Kabupaten Tabanan, yang menampilkan koleksi tarian tradisional Bali. Sedangkan paviliun lainnya ada yang menampilkan peralatan cocok tanam dan berburu tradisional khas Bali sampai koleksi kipas tradisional khas Bali yang ada di Paviliun Buleleng.

Lokasi: Jalan Mayor Wisnu No. 1, Dangin Puri, Denpasar Timur, Denpasar, Bali
Jam Buka: Setiap Hari (08.00 – 16.00 WITA, Jumat 08.30 – 12.30 WITA)

5. Museum Antonio Blanco

 

museum unik di Bali, Museum Antonio Blanco, seputarkota.com

Museum Antonio Blanco, Seputar Kota (Sumber: Left: pegipegi.com, Right: kintamani.id)

Jangan sampai melewatkan museum unik di Bali ini bila berkunjung ke Pulau Dewata. Museum ini merupakan milik maestro pelukis yang terkenal di dunia yang berasal dari Spanyol, Antonio Blanco. Berada di daerah Ubud, museum yang berisi berbagai lukisan karya Antonio Blanco dan sebagian karya putranya Mario Blanco yang menggambar kehidupan orang Bali.Setiap harinya banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi museum bersejarah ini.

Sebelum memasuki bangunan utama museum, para pengunjung akan disambut dengan gapura yang merupakan pintuk masuk museum bertuliskan  Antonio Blanco. Terdapat juga 2 naga yang merupakan lambing penjaga museum. Selain melihat berbagai koleksi lukisan, ada juga ruang studio yang merupakan studio Antonio Blanco menghasilkan karya – karya kelas dunianya. Puas menikmati karya seni kelas dunia, bisa mampir ke restoran museum bernama Rondji Restaurant  yang menyediakan menu – menu lezat serta pemandangan Ubud yang indah.

Lokasi: Jalan Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap Hari (09.00 – 17.00 WITA)

Mana diantara kelima museum unik di Bali di atas yang pernah kamu kunjungi Cariers? Bila belum ada satupun, jangan sampai melewatkan untuk mengunjunginya saat liburan ke Bali ya. Jika sudah, bagikan pengalaman liburanmu dengan memberikan ulasannya langsung di aplikasi Cari Aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *